Dinda's Blog

HAVE FUN AND ENJOY WITH THIS BLOG ;)

Kamis, 03 Maret 2011

Friends, that we need :)

Diposting oleh Dinda Fitri Fatimah |

Apa sih yang penting dalam hidup kita? Udara, makan, minum, belanja, belajar, naaaah, yang terakhir nih kayanya yang paling penting buat kita. Bukan ngegosip ngomongin orang, tapi lebih ke ngobrol dan bersosialisasi dengan orang lain apalagi di umuran kita ini. Kebutuhan untuk punya teman memang lagi penting banget. Sampai-sampai, teman adalah segalanya buat kita. Ehm, hati-hati aja soalnya teman juga bisa membahayakan loh!

KITA BUTUH TEMAN…
     Sebagai makhluk sosial, kita memang ditakdirkan untuk punya teman. Buat ngobrol, bertukar informasi, curhat, teman jalan dan banyak lagi. Apalagi buat kita cewek-cewek gaul ini. Punya banyak teman di lingkungan yang beda (sekolah, tempat les, tempat gaul, rumah) tentunya penting banget. Kalau bisa, dimanapun kita berada ada teman yang kita kenal. Makin banyak kenalan, makin cool. Artinya kita bisa diterima di lingkungan manapun dan kalau udah begini semua urusan bisa lancar, hati senang pikiran juga tenang. Ehm, soalnya urusan diterima nggak diterima lingkungan ini juga jadi masalah penting kita-kita.
     Pokoknya teman atau peer group menjadi hal yang sangat penting. Pengaruh dan pendapat teman jadi jauh lebih berarti dibanding omongan orangtua (termasuk guru, kakak…). Males banget kan ngadu sama kakak soal patah hati, kalau akhirnya cuma dicela-cela. Bete juga kalau habis cerita soal ulangan jelek sama ortu, udahannya langsung diceramahin panjang lebar dan terancam nggak dapat uang saku. Nggak heran kalau akhirnya teman jadi penting. Kita bisa bebas curhat tanpa ada yang sok tau atau menggurui habis-habisan. Hebatnya lagi, kadang teman-teman kita jauh lebih ngerti daripada kakak, orangtua, atau guru kita. Bahkan nih, mereka suka tau apa yang kita mau dan yang kita pikirkan tanpa kita mesti bilang duluan! Kok bisa? Yah, karena kita memang seumuran dan sepikiran dengan teman-teman kita. Pantes aja kalau teman adalah segalanya.

PUNYA GENG ITU SERU!
     Diterima sama lingkungan dan punya banyak teman, memang bikin hidup kita jadi menyenangkan. Apalagi kalau banyak kesamaan yang bisa kita lakukan bersama. Semua jadi lebih seru kalau dilakuin bareng-bareng kan?! Ini yang membuat kita akhirnya pilih-pilih teman dan terlibat sama ikatan dengan teman kita yang senasib dalam satu geng atau kelompok (peer group).
     Ternyata nih, menurut Child and Youth Health and Parenting, South Australia (suatu lembaga pendidikan dan kesehatan unuk anak dan remaja), peer group itu memberi banyak keuntungan buat kita, antara lain :
ü  Kita jadi punya perasaan aman, nyaman dan merasa diperhatikan oleh orang yang bakal ngalamin kejadian dan pengalaman yang sama dengan kita.
ü  Kita nggak perlu ragu ngungkapin ide, segila apapun ide itu. Soalnya mereka pasti bakal dengerin dan menghargainya.
ü  Lewat peer kita jugalah, kita jadi bisa tau caranya (paling nggak nemuin bareng caranya) gimana mesti get along sama cowok-cowok.
ü  Bareng sama mereka juga kita bsia melebarkan sayap dan punya kenalan baru.
ü  Kita jadi tau bagaimana cara berteman dan bersahabat, bisa belajar pentingnya take and give.
ü  Ketika kayanya nggak ada yang bisa nerima dan nyambung sama kita, justru peer group menyediakan hal ini buat kita sebagai menu utamanya.
ü  Karena kita merasa dihargai dan diterima sama ‘kelompok’ kita, nggak sadar ini bikin pede kita nambah.

Selain itu, menurut pakar psikologi Schunk dan Hanson, peer group itu bisa menjadi pemicu semangat buat menunjukkan kalau kita juga punya kelebihan. Contohnya aja nih, kalau teman-teman kita puny anilai bagus, kita juga pengen dong bisa dapetin yang lebih bagus dari mereka. ‘Semangat’ itu cuma  peer group kita yang bisa ngasih. Ternyata menurut teori psikologi yang diutarakan oleh Stanley dan Bartet, peer group juga bisa menghindarkan kita dari stress dan mendukung kita secara emosional saat kita menghadapi masalah di masa remaja ini. Tuh, kan punya teman itu memang menyenangkan! ^.^

0 komentar:

Subscribe