Dinda's Blog

HAVE FUN AND ENJOY WITH THIS BLOG ;)

Powered By Blogger
Sabtu, 26 Februari 2011

Plus-Minusnya Jajan

Diposting oleh Dinda Fitri Fatimah |


PLUS-MINUSNYA JAJAN
      Siapa yang suka jajan? Jujur saja, hampir semua orang suka jajan karena jajan itu menyenangkan. Mengapa demikian? Sebab, waktu jajan kita bisa memilih makanan dan minuman apa saja yang kita inginkan. Sayangnya, tidak semua makanan dan minuman yang kita beli sebagai jajanan itu baik untuk kesehatan tubuh kita. Belum lagi, karena banyak jajan kita jadi tidak bisa menabung. Tetapi, itu tidak berarti bahwa jajan itu buruk, melainkan ada baiknya juga. Untuk tau baik-buruknya jajan, mari kita simak penjelasan berikut ini..

1.      Jajan itu baik, apabila kita sedang dalam perjalanan. Tetapi, yang kita beli haruslah makanan dan minuman yang sehat. Ciri-ciri makanan dan minuman yang sehat antara lain : dikemas/dibungkus rapi, segar (tidak kadaluwarsa), tidak mengandung zat pengawet/pewarna yang berbahaya (mengandung racun), tidak terlalu manis, tidak terlalu berminyak dan tidak mengganggu pencernaan (tidak terlalu pedas dan asam).
2.      Jajan itu baik, apabila kita sedang merayakan suatu pesta. Misalnya, pesta ulang tahun atau syukuran. Jajannya bersama keluarga dan menyantapnya di sebuah warung atau restoran yang bersih tempat maupun makanannya. Harga makanan diketahui dan disetujui orangtua. Jadi, jika terjadi apa-apa (misalnya, keracunan makanan) sepengetahuan orangtua. Maka, sangat mungkin mudah diatasi.
3.      Jajan itu baik, apabila tidak dilakukan setiap hari, melainkan pada saat-saat tertentu dan sepengetahuan orangtua. Bila memungkinkan, jajan itu dilakukan bersama orangtua (keluarga). Misalnya, jajan di mal atau tempat-tempat rekreasi. Tetapi ingat, sebelum membeli makanan atau minuman, cek dulu kebersihan dan harganya. Makanan yang bersih, membuat tubuh sehat. Harga yang normal, berarti tidak melakukan pemborosan.
4.      Jajan itu buruk, apabila dilakukan setiap hari dan makanan serta minuman yang dibelinya sembarangan. Misalnya, membeli makanan atau minuman yang mengandung pengawet ataupun pewarna. Ini akan membuat kalian tidak sehat, selain menghabiskan uang. Ingat, makanan dan minuman yang mengandung pengawet dan pewarna membuat perutmu sakit.
5.      Jajan itu buruk, apabila dilakukan setiap hari dan membuat kalian malas makan di rumah. Biasanya, makanan yang kalian beli membuat kenyang, tetapi tidak mengandung zat gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Misalnya, kamu suka jajan pizza atau hotdog. Memang enak, gurih dan lezat tapi tidak mengandung serat. Jenis makanan ini disebut junkfood (makanan sampah). Bila junkfood terus-menerus kalian konsumsi, maka akan membuat pertumbuhan tubuhmu bermasalah.

Maka sebaiknya, batasi jajan! Yang terbaik adalah mengkonsumsi makanan yang telah disediakan oleh orangtua kalian di rumah.

0 komentar:

Subscribe