Dinda's Blog

HAVE FUN AND ENJOY WITH THIS BLOG ;)

Powered By Blogger
Sabtu, 26 Februari 2011

Lindungi Kulit

Diposting oleh Dinda Fitri Fatimah |

Begitu melangkah ke luar rumah, berarti kita nggak bisa menghindari matahari apalagi kalau kegiatanmu banyak dari pagi sampai sore. Kamu merasa kulit muka, tangan atau kaki terasa kering, kusam, kasar, belang atau keriput? Bisa jadi itu efek dari sengatan sinar matahari yang sebagian memang bisa merusak kulit. Tapi nggak perlu takut, kulit kita punya pigmen yang merupakan perlindungan alami terhadap teriknya matahari. Terus kita juga bisa pakai body lotion, sun block juga pelembab wajah yang mengandung SPF alias Sun Protective Factor. Jadi kalau mau jadi cewek outdoor yang aktif, nggak masalah kok!

Lindungi Kulit Kita 
  • Kalau mau panas-panasan, pakai topi (sebaiknya berpinggir lebar) untuk melindungi kepala, leher dan wajah.
  • Pakai kacamata sun glasses yang berlensa khusus menahan UV kalau matahari sedang terik.
  • Pakai baju yang berwarna sejuk biar hawa panasnya nggak menyerap ke tubuh yang bikin tambah gerah.
  • Cari tempat yang terlindung dari sinar matahari (di bawah pohon, bangunan tinggi atau pake payung) antara jam 11.00-15.00 siang.
  • Minum yang banyak terutama kalau udara sedang sangat panas biar nggak kena dehidrasi.
Rawat Teratur
  • Kalau kamu memang cewek outdoor (suka olah raga dan berkegiatan di udara terbuka) sebaiknya punya body lotion juga pelembab wajah yang mengandung SPF (Sun Protective Factor). Pakai body lotionmu terutama di bagian kulit yang terbuka (tidak ditutupi baju) minimal 30 menit sebelum keluar rumah.
  • Kulit bibir jangan dianggap sepele, bagian ini juga perlu perawatan karena bibir tidak punya pelindung alami. Oleskan lipbalm sesering yang kamu perlukan (sebaiknya mengandung SPF 10).
  • Nggak ada salahnya lagi pakai lotion after sun yang berfungsi melembabkan dan menenangkan kulit setelah kamu seharian berada di luar (terutama kalau lagi liburan tuh).
SPF, apa sih? 
Dari tadi disebut-sebut SPF. SPF apa sih? SPF singkatan dari Sun Protective Factor yang merupakan angka yang menunjukkan kadar perlindungan terhadap sengatan sinar UV (Ultra Violet). Angka SPF paling rendah adalah 2 dan yang paling tinggi yaitu 50. Semakin besar angka SPF semakin besar perlindungan terhadap kulit. Tapi menurut ahli dermatologis SPF 15 sudah cukup memberi perlindungan terhadap kulit kita. Angka SPF menunjukkan berapa lama kamu bisa berjemur/ tahan di bawah matahari tanpa terbakar. Cara menghitungnya adalah dengan mengalikan angka SPF dengan waktu perlindunganmu. Jadi misalnya, kalau kamu memperkirakan bisa berjemur tanpa terbakar/ tahan di bawah matahari selama 10 menit, maka kalau kamu pakai lotion SPF 6 berarti kamu bisa berjemur/ tahan di bawah matahari selama 6x10 menit atau 60 menit tanpa terbakar matahari.

SPF yang tepat buat kamu 
Bingung harus pakai SPF berapa untuk melindungi kulitmu? Don't worry. Sesuaikan aja sama jenis kulitmu. Nih, lihat tabelnya :


Jenis Kulit
Angka SPF
1.       Putih dan kulit peka terhadap sinar matahari dan gampang terbakar
SPF 15+
tinggi
2.       Kuning langsat atau yang sensitive terhadap sinar matahari
SPF 10-15
sedang
3.       Sawo matang/ coklat dan jarang terbakar sinar matahari
SPF 6-8
menengah
4.       Gelap (punya zat pigmen sangat kuat membuat kulit warna ini tidak mudah terbakar)
SPF 2-6
rendah

0 komentar:

Subscribe