Dinda's Blog

HAVE FUN AND ENJOY WITH THIS BLOG ;)

Powered By Blogger
Sabtu, 26 Februari 2011

Lain Negara, Lain Kebiasaannya

Diposting oleh Dinda Fitri Fatimah |

Taukah kalian, bahwa di Jepang umur 3, 5 dan 7 tahun dianggap usia berbahaya? Itulah sebabnya setiap tanggal 15 November di Jepang diadakan Festival 7-5-3. Pada hari itu, keluarga yang memiliki anak perempuan umur 7 dan 5 tahun, dan anak laki-laki yang berumur 5 dan 3 tahun datang ke kuil. Menurut kepercayaan, anak-anak pada usia tersebut sangat rawan terhadap marabahaya dan godaan.
Untuk menghindar dari marabahaya itu, anak-anak dengan menggunakan pakaian kimono baru, diajak ke kuil untuk berdoa dan meminta keselamatan. Adat dan kebiasaan seperti itu bisa jadi hanya dimiliki oleh bangsa Jepang. Bagaimana dengan bangsa-bangsa lain? Apakah mereka juga memiliki kebiasaan yang lain? Ayo, kita simak..

Ethiopia
Setiap menjelang tahun baru, anak-anak Ethiopia tampak sangat sibuk. Mereka, terutama anak-anak perempuan akan sibuk memetik bunga yang bagus-bagus untuk dirangkai menjadi kalung, bandana dan bunga tangan. Rangkaian bunga harum dan warna-warni itu lantas dipakai pada saat tahun baru tiba. Dengan berdandan dan mengenakan pakaian yang bagus dan baru, anak-anak perempuan berkeliling dari rumah ke rumah sambil menyanyi dan mengucapkan salam Tahun Baru.

Jepang
Di Jepang, Hari Anak jatuh pada tanggal 5 Mei. Perayaan ini semula hanya ditujukan pada anak laki-laki saja, tapi sekarang anak perempuan juga ikut merayakannya. Pada hari itu, keluarga yang mempunyai anak laki-laki menggantung umbul-umbul berbentuk ikan karper di luar rumah. Anak-anak pun bergembira menyaksikan umbul-umbul berbentuk ikan karper itu berkibar-kibar dan melenggak-lenggok diterpa oleh angin, ikan karper melambangkan kekuatan dan perjuangan yang tak kenal menyerah.
Kemudian, pada tanggal 3 Maret ada festival Hina Maatsuri atau Festival Boneka. Pada hari itu, anak-anak perempuan menggunakan kimono, pakaian tradisional khas Jepang dan sibuk memajang boneka-boneka. Boneka yang dipajang adalah boneka-boneka keluarga istana kerajaan. Boneka-boneka ini kadang merupakan boneka warisan turun temurun dari Ibu atau bahkan Nenek. Setelah seharian dipajang, boneka-boneka itu disimpan lagi untuk dipajang di tahun berikutnya.

Italia
Di Italia, pada tahun baru biasanya anak-anak mendapat bingkisan berupa uang. Uang itu boleh digunakan untuk bergembira ria, seperti membeli mainan, jalan-jalan atau membeli makanan. Beberapa anak dengan menggunakan pakaian warna-warni dan lucu-lucu singgah dari rumah ke rumah untuk meminta makanan, roti atau permen, seperti pada perayaan Haloween.

Yugoslavia
Di Yugoslavia, Hari Anak jatuh pada tanggal 25 Mei. Pada hari itu hampir setiap kota menyelenggarakan acara istimewa untuk anak-anak, seperti karnaval, lomba fashion dan pertandingan olahraga. Di beberapa tempat juga terkadang dipamerkan karya anak-anak, seperti lukisan dan barang-barang kerajinan.

Turki
Di Turki, Hari Anak diperingati tanggal 23 April. Pada hari itu, anak-anak menjadi orang yang paling penting di negara itu. Bisa main sepuasnya, nonton di gedung bioskop sepuasnya, bisa nonton pertunjukkan teater..semua gratis! Hmm.. apakah semua makanan juga gratis ya?

Nebraska
Anak-anak Nebraska punya hari istimewa yang disebut Arbor Day yang diperingati setiap tanggal 22 April. Pada hari itu, anak-anak diajak menanam pohon atau merawat taman. Sekolah-sekolah mengaitkan hari itu dengan kegiatan perlindungan tanaman.

0 komentar:

Subscribe